Home » Report

Program Strengthening Tidal Lowland Development (STLD)

13 January 2010 1,444 views No Comment

Program Strengthening Tidal Lowland Development (STLD) – Penguatan Pengembangan Lahan Pasang Surut – merupakan pengembangan dari kegiatan Land and Water Management Tidal Lowlands (LWMTL) yang dilaksanakan di Sumatera Selatan (2004-2006). Program ini lebih bersifat kegiatan bantuan teknis.

STLD

Kegiatan STLD di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat dilaksanakan dari bulan Januari 2007 sampai dengan bulan Mei 2008. Kegiatan mencakup 3 pilar utama yaitu: a) Penilaian Kebutuhan Infrastruktur Pengendali Air; b) Operasi dan Pemeliharaan (O&P) dengan P3A dan Dinas PU (Provinsi dan Kabupaten), c) Pengenalan dan Implementasi Teknologi Sistem Usaha Tani. Khusus di provinsi Sumatera Selatan, dilakukan uji coba mekanisasi pemeliharaan saluran dengan peralatan mekanis yang merupakan hibah dari Pemerintah Belanda.

Secara umum, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan produksi tanaman pangan dan hortikultura per musim pada lahan rawa pasang surut, terutama padi dan palawija. Dan diharapkan juga dapat meningkatkan intensitas penanaman menjadi dua atau tiga kali dalam setahun.

Kegiatan STLD merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia (Departemen Pekerjaan Umum) dan Pemerintah Belanda (Rijkwaterstaat), yang didukung oleh Departemen Pertanian Republik Indonesia dan untuk wilayah Sumatera Selatan didukung juga oleh Pemerintah Kabupaten Banyuasin dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan untuk wilayah Kalimantan Barat didukung oleh Pemerintah Kabupaten Pontianak (Kabupaten Kubu Raya), Pemerintah Kabupaten Sambas, dan Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan STLD di Sumatera Selatan dilaksanakan di daerah reklamasi rawa pasang surut Kabupaten Banyuasin, dengan lokasi kegiatan meliputi:

  1. Blok sekunder P8-12S Telang I, model area Tipe A;
  2. Blok sekunder P6-3N Telang I. model area Tipe B/C dan P10-2S Saleh model area Tipe C, dengan pengamatan terbatas;
  3. Blok sekunder P8-11S Telang I, merupakan lokasi pengamatan untuk melihat dampak atau pengaruh dari model area; dan
  4. Blok sekunder P8-8S Telang I, sebagai pembanding model area.

Kegiatan STLD di Kalimantan Barat meliputi lokasi:

  1. Blok Sekunder Kanan-Tengah, Desa Bintang Mas, Kec. Rasau Jaya, Kabupaten Pontianak/ Kubu Raya,
  2. Desa Tekarang, Kec. Tekarang, Kabupaten Sambas.
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading ... Loading ...

Comments are closed.