Home » Headline

Komunitas Masyarakat Peduli Banjir di Kota Palembang

13 October 2014 3,000 views No Comment

Palembang adalah kota rawa dan tepian sungai. Pembangunan yang pesat di kota Palembang akan berpengaruh terhadap penggunaan lahan basah yang ada untuk berbagai kepentingan seperti: pemukiman, pusat niaga, rekreasi, sarana olah raga, jalan, lapangan pakir dsb.

Banjir … …. adalah masalah yang pernah, sedang dan akan muncul di kota Palembang di berbagai lokasi dalam 21 sistim sungai yang ada di kota Palembang. Penanganan sampah kota Palembang secara terpadu dengan pengelolaan air akan membantu pemecahan masalah banjir Kota Palembang disamping tentu saja yang utama adalah penataan ruang kota secara proporsional antara Ruang Terbuka Hijau dan ruang terbangun.

Sistim Sungai Bendung, Sungai Sekanak dan Sungai Lambidaro merupakan contoh sistim sungai yang ada di Kota Palembang yang sedang diupayakan secara intensif penanganannya. Penanganan banjir ini misalnya dengan normalisasi sungai, penataan ruang, pembuatan kolam retensi, pembuatan dan perbaikan saluran, pembangunan gorong-gorong dsb.

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan PSDA Palembang yang menangani banjir Kota Palembang bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Berbagai tahapan kegiatan telah dilakukan oleh pelaku pembangunan di Kota Palembang dalam menangani banjir yang secara umum dapat dibagi dalam kelompok:

  1. Kajian teknis banjir dengan sistim hidrologi, tata saluran, penggunaan lahan dan aktifitas masyarakat;
  2. Skenario pengendalian banjir pada wilayah kajian dan rencana impelentasi dengan pembagian peran dan pendanaan;
  3. Perbaikan/ pengembangan sarana pengendalian banjir kota seperti: pembuatan dan perbaikan saluran, pembangunan kolam retensi, pemasangan dan pengoperasian pompa pada berbagai wilayah rawan genangan;
  4. Sosialiasi pengelolaan dan pengendalian banjir bersama masyarakat;
  5. Pembentukan Komunitas Masyarakat Peduli Banjir di Kota Palembang;
  6. Koordinasi, pemantauan dan evaluasi.

Untuk tercapainya tujuan pengendalian banjir Kota Palembang sangat diharapkan peran serta berbagai pelaku pembangunan di Sumatera Selatan umumnya dan di Kota Palembang Khususnya. Hal ini mengingat sistim sungai Musi (DAS Musi) yang mengalir ke kota Palembang terkait juga dengan pembangunan yang dilakukan oleh berbagai kabupaten Kota yang ada di Sumatera Selatan.

KMPB-1

KMPB-2KMPB-3KMPB-4

Prof. Robiyanto H. Susanto sedang menjelaskan dan berdiskusi dengan warga Perumahan Bukit Sejahtera (Poligon) mengenai sistim drainase, saluran, kolam retensi Poligon dan peran masyarakat dalam pengendalian banjir; Lokasi di Kolam retensi Poligon, Minggu, 12 Oktober 2014, jam 07.00 – 10.00. Acara yang sama akan dilakukan bersama Masyarakat Tanjung Rawo pada hari Minggu Pagi, 19 Oktober 2014.

Sistim drainase Poligon sangat barkaitan dengan curah hujan yang ada, kondisi muka air di Sungai Musi, dan kondisi di Sub-DAS Lambidaro . Perumahan Poligon terletak di hilir sungai Lambidaro yang bermuara ke Sungai Musi berdekatan dengan Jembatan Musi II Palembang.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading ... Loading ...

Comments are closed.