Home » Featured

Seminar Sehari “Air dan Pembangunan Berkelanjutan” 20 Maret 2015

24 March 2015 1,106 views No Comment

Air merupakan kebutuhan vital bagi mahluk hidup, hampir semua kegiatan yang dilakukan di muka bumi ini memerlukan air. Kebutuhan air sangat tinggi dengan meningkatnya jumlah penduduk dan maraknya pembangunan. Daerah tangkapan air berubah menjadi bangunan-bangunan dan gedung-gedung pencakar langit yang mewah, jika kondisi ini tidak dicermati akan banyak bencana banjir dan ketersediaan air bersih akan semakin menitipis.

Memang sebagian besar permukaan bumi diisi oleh air (sekitar 70%), namun tidak semua air yang terdapat di bumi ini adalah air yang dapat dikonsumsi. Sekitar 97% dari ketersediaan air di muka bumi adalah air asin, dan hanya 2,5% saja yang merupakan air tawar (Fresh Water). Menurut beberapa sumber dari 2,5% itu hanya sekitar 0.4% saja yang dikonsumsi oleh penduduk di muka bumi, tentu ini sangat memprihatinkan jika pola hidup kita masih semena-mena, melakukan pembangunan yang tidak ramah lingkungan, kebiasaan pemborosan dalam menggunakan air, dan merubah area tangkapan menjadi bangunan.

Hari Air Sedunia atau World Water Day adalah sebuah kampanye global akan pentingnya air bagi kehidupan serta perlindungan dan pengelolaan sumber daya air yang dilakukan secara berkelanjutan. Menurut sejarahnya, Hari Air Sedunia, ditetapkan melalui Resolusi PBB Nomor 147/1993. Resolusi ini menetapkan pelaksanaan peringatan Hari Air se-Dunia setiap tanggal 22 Maret dan mulai diperingati pertama kali pada tahun 1993. UN Water adalah lembaga PBB yang mengkoordinir kampanye peringatan hari air sedunia (World Water Day), peringatan hari air akan diadakan setiap tanggal 22 Maret setiap tahunnya.

Peringatan hari air dunia sebagai wadah untuk menyatukan fokus perhatian dunia kepada peran penting tersedianya air bersih dan mengupayakan tata kelola sumber daya air segar yang berkelanjutan. 22 Maret dipilih sebagai satu hari dari satu tahun untuk merayakan ketersediaan air segar, sebagaimana direkomendasikan oleh Konverensi PBB tentang Lingkungan Hidup dan Pembangunan (UNCED). Dalam pelaksanaannya di tahun 2015 ini, UN Water telah menetapkan tema Hari Air Sedunia adalah “Water and Sustainable Development“ atau “Air dan Pembangunan Berkelanjutan”. Tahun ini menyoroti pentingnya air dalam agenda pembangunan berkelanjutan.

Marilah mulai untuk menggunakan air secara bijak, rubah pola hidup agar anak cucu kita masih menikmati sejuknya air bersih. Indikatornya sudah terlihat, air mineral yang dulu sempat disangsikan bisa dijual, sekarang harga jualnya terus naik. Banjir sudah sering terjadi hampir di semua propinsi di Indonesia.

DSC09781DSC09803DSC09725DSC09810

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading ... Loading ...

Comments are closed.