Home » News

Peningkatan Indek Pertanaman di Lahan Pasang Surut Hanya Bisa Dicapai Bila di Saluran Tersier Dilengkapi Bangunan Pengendali Air

29 December 2017 134 views No Comment

Oleh Dr. Momon Sodik Imanudin, SP., M.Sc.

Pasang Surut di Sumatera Selatan memiliki peran yang tinggi dalam mendukung ketahanan pangan daerah bahkan nasional. Namun sebagian besar area baru bisa ditanami padi 1-2 kali. Untuk itu diperlukan upaya teknis dan sosial untuk bisa ditingkatkan menjadi 3 kali (IP 300).

Pintu air untuk pengendalian muka air mutlak diperlukan. Model bangunan harus disesuaikan dengan kondisi hidtrrofografi lahan, dan kondisi sosial masyarakat. Teknologi harus murah, mudah dan diterima secara sosial.

Pintu-Air-1

Untuk lahan tipe A bisa diguanakan tipe kelep, namun untuk beebrapa daerah bisa diterapkan tipe stoplog modifikasi, salah satunya model pintu leher angsa. Gambaran pintu air tipe kelep dan leher angsa bisa dilihat pada Gambar.

Pintu-Air-2

Model tipe kelep sudah berhasik digunakan di Telang, dan tipe leher angsa di Area Sugihan Kanan. Pelakasanakan dilakukan dengan pendekatan partisipatif.

Mulai saatnya kita berdayakan petani melalui kelompok tani dan P3A. Pekerjaan di tingkat tersier sudah saatnya tidak dilakukan secara kontraktual dengan pihak ke tiga.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading ... Loading ...

Comments are closed.