Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Kelapa Sawit (Eleais queneensis Jacq) Pada Daerah Pasang Surut Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin

Oleh Ardiansyah Rachmad (Skripsi, Universitas Sriwijaya, 2004) dibimbing oleh Muh. Bambang Prayitno dan Bakri)

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai sifat fisik dan kimia tanah aktual dalam rangka mengevaluasi atau menilai kesesuaian lahan untuk tanaman kelapa sawit di Desa Rukun Makmur, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin).

Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Maret sampai Mei 2003 di Desa Rukun Makmur. Penelitian ini menggunakan metode survai setara dengan tingkat detil. Data dikumpulkan melalui pengamatan lapangan dan analisis di laboratorium. Penentuan titik pengambilan sampel berdasarkan metode grid atau jalur dengan jarak 100 x 200 meter, pada lahan seluas 64 hektar sehingga diperoleh 32 titik sampel kemudian di gabung berdasarkan kelas hirotopograpi dan kedalaman pirit. Contoh tanah komposit diambil pada lapisan 0 – 30 cm, dan untuk mengetahui kedalaman pirit dan kedalaman efektif tanah dilakukan dengan mengebor tanah sampai 120 cm atau sampai faktor pembatas.

Hasil penelitian pada daerah penelitian untuk kesesuaian lahan aktual berdasarkan kriteria kualitas kesesuaian lahan untuk tanaman kelapa sawit menurut CSR/FAO (1983), maka pada lokasi penelitian termasuk dalam kesesuaian lahan aktual Nrx untuk SPT 1 (tidak sesuai dengan faktor pembatas kedalaman perakaran dan kedalaman pirit). Kesesuaian lahan Nx untuk SPT II dan III (tidak sesuai dengan faktor pembatas kedalaman pirit.) Kesesuaian lahan aktual S3frx untuk SPT IV (kurang sesuai dengan faktor pembatas pH, drainase tanah dan kedalaman pirit.) Kesesuaian lahan aktual S3fx untuk SPT V (kurang sesuai dengan faktor pembatas pH dan kedalaman pirit.) Dan kesesuaian lahan aktual S3f untuk SPT VI (kurang sesuai dengan faktor pembatas pH tanah).

By | 2012-03-29T14:30:03+00:00 January 16th, 2010|Skripsi|1 Comment

About the Author:

One Comment

  1. Maya P. Rumpe July 1, 2010 at 7:15 pm - Reply

    Hai, keren skripsinya, kebetulan My jg rencananya mau penelitian di kebun kelapa sawit lahan basah. Boleh bagi bahan ga, soalnya cukup sulit nyari di Kalsel.

    Klo bisa minta tolong kirim ke email ya.

    Trims…

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.