Desa Berinovasi

“INOVASI PERBAIAKN KEBSUBURAN TANAH DAN PENGELOLAAN AIR UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN DI DAERAH REKLAMASI RAWA PASANG SURUT”

Oleh Pusat Data informasi daerah Rawa dan Pesisir Sumatara Selatan

Program Desa Berinovasi bentuk pendampingan Badan Riset dan Inovasi (BRIN) ini di laksanakan di Desa Bandar Jaya Kecamatan Air Sugihan Jalur 25 Kabupaten Ogan Komering Ilir sekitar 3,5 jam dari Kota Palembang dengan menggunakan Speedboat    

Permasalahan budidaya pertanian di Desa Bandar Jaya adalah kelebihan air di musim hujan dan kesulitan air bersih yang layak untuk irigasi tanaman. Permasalahn lain pula adalah petani tidak memiliki modal untuk membangun pintu air yang mana merupakan salah satu bangunan irigasi yang dapat mengatur kegiatan pertanian. Pola pikir petani yang instant seringkali ingin produk pupuk jadi tinggal aplikasi. Belum terbiasa memanfaatkan limbah pertanian menjadi pupuk.

Oleh karena itu perlu dilakukan suatu kajian dan penerapan teknologi dengan pendekatan perbaikan jaringan tata air dan kesuburan tanah. Menciptakan kondiai lahan pertanian subur dan air yang cukup untuk mendukung pertumbuhan tanaman, sehingga pendapatan petani meningkat dan alih fungsi lahan  dari tanaman pangan ke perkebunan dapat dihindari.

Tahapan pencapaian:

  • Meningkatkan kesuburan tanah dengan jalan aplikasi pupuk biochar dan pupuk cair.
  • Memanfaatkan limbah pertanian untuk pupuk biochar dan pupuk cair sehingga ada peluang usaha dari produk ini, minimal bisa mengurangi ketergantungan kepada pupuk buatan pabrik.
  • Meningkatkan fungsi jaringan tata air dengan pembangunan pintu tersier tipe leher angsa berbahan baku lokal, untuk terciptanya kecukupan air bagi tanaman.
  • Buku saku petani dalam pengelolaan lahan dan air untuk budidaya tanaman di rawa pasang surut spesifik lokasi.

Melalui program-program ini diharapkan akan membentuk desa yang berinovasi dan mandrir karena terciptanya kesuburan tanah dan tata kelola air yang baik sehingga produktivitas dan pendapatan masyarakat Desa Bandar Jaya lebih baik dan meningkat.

By | 2021-09-07T13:43:16+00:00 September 7th, 2021|Headline|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.